Cegah Bullying, Babinsa Koramil 0810/06 Kertosono Berikan Sosialisasi kepada Siswa SDN 1 Banaran

Nganjuk (31/03) – Dalam upaya mencegah kasus perundungan atau bullying yang semakin marak di lingkungan sekolah, Babinsa Kelurahan Banaran Koramil 0810/06 Kertosono Kodim 0810 Nganjuk, Serma Arif memberikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Bullying kepada siswa SDN 1 Banaran Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Kemarin Sabtu (30/03/2024)

Dalam kegiatan tersebut Serma Arif menjelaskan bahwa perundungan atau bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja yang dilakukan secara terus menerus oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain yang lebih lemah, baik secara fisik maupun dengan kata-kata (Verbal).

“Perundungan tidak hanya terbatas pada kekerasan fisik tetapi juga dapat berupa kata-kata seperti ejekan, penghinaan serta ucapan lain yang tujuannya merendahkan korban” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan juga dampak yang ditimbulkan dari Bullying diantaranya bullying secara fisik dapat mengakibatkan korban mengalami luka, sampai dirawat dirumah sakit bahkan bisa juga sampai meninggal dunia sedangkan bullying secara verbal (kata-kata) cenderung menyerang mental, korban jadi kurang percaya diri, ketakutan untuk berinteraksi dengan sesama teman, gambang emosi dan minder. Yang tidak kalah penting Bullying juga dapat menghambat proses belajar mengajar di sekolah dan mengganggu perkembangan mental dari para siswa.

Dalam tempat terpisah, Kapten Arh Yono Periyo Danramil 0810/06 Kertosono mengharapkan agar kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya saling menghargai dan menghormati di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif tanpa adanya gangguan.

“Sosialisasi ini memberikan informasi kepada siswa mengenai pengertian bullying, penyebab dan dampaknya. Tujuannya adalah untuk menjelaskan kepada siswa tentang besarnya dampak bullying di lingkungan sekolah serta untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan penuh rasa hormat satu sama lain.” Ucap Danramil 0810/06 Kertosono.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *